Kamis, 25 Oktober 2012

Masa Kholifah Umar bin Khattab

    Umar bin Khattab merupakan musuh utama Islam sebelum menyatakan masuk Islam., ada dua Umar dikalangan pembesar Quraisy  yang sangat ditakuti umat Islam. Pertama adalah Umar bin Khattab , kedua Umar bin Hisyam dikenal dengan Abu Jahal. keduanya merupakan tokoh yang memusuhi Islam dan jago berperang.
Setelah Umar bin Khattab masuk Islam, kaum muslimin tidak perlu dakwah dengan sembunyi-sembunyi . Umar bin Khattab adalah orang yang cerdas. Umar adalah salah satunya sahabat Nabi Muhammad saw, yang tidak serta merta menerima keputusan Nabi Muhammad saw terhadap satu masalah,jika keputusan itu berdasarkan wahyu dari Allah swt dan bukan pemikiran nabi Muhammad, Umar bin Khattab akan langsung mentaatinya. Umar bin Khattab juga sangat tegas dalam membedakan kebenaran dan kebathilan. karena ketegasannya tersebut , Rasulullah saw menyematkan gelar Al Faruq yang artinya Pemisah / pembeda .
Prestasi yang diraih Umar bin Khattab saat menjabat Khalifah adalah :
a.   Perluasan Wilayah
Pada masa itu , perluasan wilayah Islam terjadi besar-besaran dan dikenal sebagai periode Futuhat al Islamiyah. Secara berturut-turut , pasukan Islam berhasil  menguasai Suriah, Persia dan Mesir.
Persia
Mesir
      Pada masa itu , Suriah merupakan pusat perdagangan yang sangat penting . Oleh karena itu, Umar bin Khattab berusaha merebutnya mati-matian. Wilayah Suriah memiliki beberapa kota yang menjadi pusat kekuatan Romawi Timur          ( Bizantium ) yang beragama Kristen. beberapa Kota tersebut adalah Damaskus, Yordania, Yerussalem, Hims dan Antiokia.
Pengepungan Kota Damaskus telah dimulai sejak zaman Kholifah Abu Bakar As Shidiq. Pasukan Islam dipimpin oleh Khalid bin Walid . Penduduk Damaskus bertahan dalam benteng mengharapkan bantuan dari Heraklius dari Hims,akan tetapi bantuan tidak datang. Kota Damaskus dapat di Taklukkan dengan mudah.
    Selama masa kekhalifahan Abu Bakar as Shidiq telah terjadi peperangan antara kaum muslimin dengan tentara Persia . Ketika itu,Kekaisaran Persia merupakan kekuatan besar di dunia selain Kekaisaran Bizantium . Mereka juga dikenal sebagai Dinasti Sasania . Kekaisaran ini memiliki beberapa kerajaan bawahan . Diantaranya adalah kerajaan Gassan dan Kerajaan Hirah di wilayah Irak . Pada masa Kholifah Abu Bakar juga terjadi Perang Hafar yang menyebabkan Kerajaan Gassan dan Kerajaan Hirah jatuh ketangan kaum muslimin.
    Ketika pasukan dipimpin oleh Khalid bin Walid . Karena ada sesuatu yang mendesak ,Khalid bin Walid diperintahkan berangkat menuju Suriah oleh Abu Bakar as Shidiq sehingga kepemimpinan di     Irak dipegang oleh Musanna bin Haritsah.

    Namun ,kepergian Khalid bin Walid dimanfaatkan oleh orang-orang Persia .Mereka menyerang pasukan Musanna bin Haritsah . Terjadilah Perang Jembatan yang terjadi pada tanggal 26 November 634 M. Dari 9.000 orang pasukan  muslim hanya tersisa 3.000 orang . keadaan demikian sangat  menggusarkan Kholifah Umar bin Khattab. Beliau memerintahkan serangan balasan dan mengoordinasi pasukan muslim. Bantuan didatangkan untuk membantu Musanna bin Harisah. Pasukan Persia dipimpin oleh Mehran. Musanna bin Harisah gugur, tetapi kaum muslimin berhasil memenangkan  pertempuran ini.
   Perluasan wilayah Mesir dilakukan kaum muslimin di bawah pimpinan Amru bin Ash . Atas perintah Umar bin Khattab berangkatlah 4.000 pasukan Islam ke Mesir. Amru bin Ash mencapai perbatasan Mesir pada bulan Desember 639 M. Mula-mula ia merebut Kota al farama di Mesir Timur, Ia kemudian sampai ke benteng Babilon yang termashur . tempat ini merupakan pusat kekuatan Kekaisaran Bizantium  yang besar.Kaum Muslimin dapat menguasai benteng ini serta wilayah mesir lainya.
   Kemenangan umat Islam menjadikan wilayah Islam pada masa Kholifah Umar bin Khattab meluas hingga Afrika Utara, Armenia dan sebagian wilayah Eropa Timur.Umar bin Khattab membagi wilayah Islam menjadi  beberapa propinsi serta menugaskan seorang gubernur untuk memerintah wilayah tersebut.
  • Sa'ad bin Abi Waqqas memerintah wilayah di Kufah
  • Amru bin Ash di Mesir
  • Muawiyah bin Abi Sufyan di Damaskus.

b. Menata Administrasi dan Keuangan Pemerintahan
  Pada masa pemerintahanya Umar bin Khattab membentuk Baitul Mal dan Dewan Perang. Baitul Mal bertugas mengurusi keuangan negara. Dewan Perang bertugas mencatat administrasi ketentaraan .
Kholifah Umar bin Khattab adalah Kholifah pertama kali yang memperkenalkan sistim penggajian bagi pegawai pemerintah.
      Kholifah Umar bin Khattab juga memberikan santunan dari Baitul Mal kepada seluruh rakyatnya. Besarnya santunan di sesuaikan lamanya memeluk Islam. pada masa Kholifah Umar bin Khattab,kemakmuran dapat dinikmati rakyat dari seluruh pelosok negeri.

c. Penetapan Kalender Hijrah
      Kalender Hijriah di cetuskan oleh Khalifah Umar bin Khattab . Sebelum sistim kalender hijriah , orang-orang menggunakan sistim kalender Masehi. Sistim kalender Masehi  ini banyak digunakan oleh orang-orang Nasrani .
     Khalifah Umar bin Khattab menetapkan permulaan tahun Islam adalah pada saat Nabi Muhammad saw Hijrah dari Mekkah ke Madinah. Hal ini disebabkan hijrah merupakan titik balik kemenangnan Islam. Hijrah juga menandai dua periode dakwah Islam . periode dakwah sebelum Nabi Muhammad saw hijrah di sebut Peiode Mekah. Sedangkan periode dakwah Nabi Muhammad saw setelah hijrah dikenal sebagi Periode Madinah. Demikian pula  pembagian surah Al- Qur'an . Surah Al-Qur'an yang turun sebelum hijrah disebut surah Makkiyah, sedangkan surah yang turun setelah hijrah disebut surah Madaniyah..





Darsono.T Ibrahim. Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam/ VII


















   

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. SKI - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz