SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MADINAH

Posted by Serba Serbi on Jumat, 30 Januari 2015 | Jumat, Januari 30, 2015

      Kaum kafir tidak senang melihat umat islam berkembang. Merka terus memusuhi umat Islam dengan cara mengancam,menyiksa dan menghina. Melihat keadaan itu, nabi Muhammad saw berpendapat bahwa Mekah tidak dapat lagi diandalkan sebagao pusat dakwah. Selanjutnay Nabi Muhammad saw perlu mencari tempat lain sebagai pusat dakwah.  Tempat yang pernah dipakai Nbi Muhammad saw . untuk mengalihkan dakwahnya adalah Taif. Ketika tu, nabi Muhammad saw berharap akan mendapatkan perlindungan dn bantuan dari sanak saudaranya, akan tetapi harapan itu tidak kenyataan. Nabi Muhammad saw bahkan dihina dan dilempari batu hingga luka. Keadaan ini sempat menyurutkan semangat perjuangan kaum mulimin.
     Pertolongan Allah datang, ketika musim haji , Nabi Muhammad saw bertemu enam orang pemuda datang dari yatrib. Nabi Muhammad saw menceritakan penderitaan dan siksaaan yang dialami kaum muslimin yang dilakukan noleh orang kafir quraisy, Selain itu Nabi Muhammad saw juga menyampaikan dasar-dasar aqidah islam epada mereka. Merek menyambut baik apa yang disampaikan Nabi mUhammad saw, Bahkan mereka siap melindungi Nabi Muhammad saw dan para pengikutnya seandanya pindah ke Yatrib.
  Berit adanya seoran Nabi yang membawa agam Islam segera tersebar di kota Yatrib, setelah kepulangan mereka , sebagian orang yahudi bersuka cita menyambut berita itu. Mereka sedang menanti kedatangan nabi terakhir seperti diberitakan dalam kitab suci mereka. Setiap orang yatrib yang datang ke Mekkah pada musim haji menyatakan keimanan dan keislaman. Pada tahun 2 kenabian (621 M ) nabi muhammad saw mnemui rombongan haji dari Yatrib yang berjumlah 12 orang. Pertemuan ini terjadi di Bukit Aqobah di kota Mekkah. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan yang disebut dengan perjanjian aqobah yang berisi pernyataan 12 orang tersebut bahwa mereka akan :
  • setia kepada Nabi  Muhammad saw .
  • Rela berkorban harta dan jiwanya
  • Tidak menyekutukan Allah
  • Tidak membunuh dan berdusta
  • Bersedia membantu menyebarkan ajaran Islam
Nabi Muhammad mengutus sahabat bernama Mus'ab bin Umar untuk membantu menyebarkan Islam di Kota Yatrib. Adapun Nabi Muhammad saw sendiri masih tinggal di Mekkah untuk melanjutkan dakwahnya kepada kaum quraisy.
 Tahun 622 M / tahun ke 13 kenabian, seabnyak 73 jamah sal yatsrib datang ke Mekkah untuk melaksanakn badah haji. Mereka membawa berita bahwa orang-orang Yatsrib memohon agar Nabi Muhammad saw bersedia memberi penerangan tentang agama islam. Kemudian mereka menyepakati perjanjian Aqobah kedua untuk menjamin keselamatan dan dakwah selanjutnya. 
Dengan pertimbangan dan disukung berbagai faktor , diantaranya Yatrib adalah tempat yang paling dekat, penduduk yahudi terkenal memiliki kelembutan  budi pekerti dan sifat yang baik, neneknya berasal dari Yatsrib dan ayahnya dimakamkan disana, Nabi memutuskan untuk hijrah ke Yatsrib.




H. darsono . T  Ibrahim Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1

Blog, Updated at: Jumat, Januari 30, 2015

14 komentar:

  1. makasih referensinya?oh ya sekalian klo ada contoh soal uts sma uasnya klo ada mksh!

    BalasHapus
  2. sangat membantu .
    terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Good Job
    -Prof.David Lefer

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, Jazakalloh ya ukhti, barokalloh

    BalasHapus
  5. makasih ya ilmu nya bermanfaat sekali :) ,dan kalau bisa di pisahin kaum yang brda di madinah

    BalasHapus
  6. Makasih ya gan , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  7. makasiiiihhhhhhhhhh.....

    BalasHapus
  8. era baru dakwah Nabi Muhammad saw bermula dengan baiah aqabah ini. Selanjutnya dilanjutkan dengan perintah hijrah ke Madinah. Sehingga Islam menjadi semakin kuat.

    BalasHapus
  9. Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA 

    BalasHapus