BREAKING NEWS

Kamis, 12 Februari 2015

SKBK

SURAT KETERANGAN BEBAN KERJA ( SKBK )
Nomor : Kd.11.10/2/PP.00/    / 2015


Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama                                      :
NIP                                         :
Jabatan                                    : Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten......

Menerangkan bahwa guru berikut ini,

Nama lengkap                        :
NIP                                         :
Tempat, tanggal lahir             :
Pangkat/golongan                  :
Mata Pelajaran                       :
Madrasah/sekolah pangkalan :
Alamat Madrasah                   :
Total beban mengajar             :
Dalam melaksanakan tugas sebagai guru pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 secara komulatif telah memenuhi beban kerja minimal dan oleh karena itu yang bersangkutan  dapat menerima tunjangan profesi dari kementerian agama sesuai dengan ketentuan yang  berlaku.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan untuk menerima tunjangan profesi /bantuan tunjangan  profesi tahun 2015 dari kementerian agama. Jika keterangan ini tidak benar dan mengakibatkan kerugian negara, maka saya bertanggung jawab mengganti kerugian negara tersebut dan  sanksi hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

                                                                                                            Klaten,........2015
                                                                                                            Kepala




                                                                                                           ------------------------
                                                                                                           NIP. 


KISI KISI FIQIH MTs

Indikator SOAL
  1. Menjelaskan macam-macam najis dan tata cara thaharohnya
  2. Mnejelaskan hadas kecil dan tata cara thaharohnya
  3. Menjelaskan hadas besar dan tata cara thoharohnya
  4. Menjelaskan tata cara sholat liam waktu
  5. Menghafal bacaan sholat lima waktu
  6. Mmenjelaskan ketentuan sholat lima waktu
  7. Menjelaskan ketetntuan adzan dan iqomah
  8. Menjelaskan ketentuan sholat berjamaah
  9. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
  10. Menjelaskan cara berdhikir dan berdoa setelah sholat 
  11. Menghafal bacaan dzikir dan doa
  12. Menjelaskan ketentuan sholat dan khutbah jumat
  13. Menjelaskan ketentuan sholat jenazah
  14. Menghafal bacaan sholat jenazah
  15. Menjelaskan ketentuan jamak,qasahr dan jamak taqdim
  16. Menjelaskan ketentuan sholat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan dikendaraan
  17. Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan sujud tilawah
  18. Menjelaskan ketentuan puasa
  19. Menjelaskan macam-macam puasa
  20. Menjelaskan ketentuan zakat maal
  21. Menjelaskan sorang yang berhak menerima zakat
  22. Menjelaskan ketentuan shodaqoh,hibah dan hadiah
  23. Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah
  24. Menjelaskan macam-macam haji
  25. Menjelaskan jenis makanan dan minuman halal
  26. Menjelaskan ketentuan penyembelian binatang
  27. Menjelaskan ketentuan korban
  28. Menentukan waktu pelaksanaan aqiqah
  29. Mmenjelaskan ketentuan jual beli
  30. Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam
  31. Menjelaskan ketentuan uatang piutang , gadai dan borg
  32. Menjelaskan ketentuan tantang pengurusan jenazah , takziah dan ziarah kubur
  33. Menjelaskan ketentuan harta simayat





SKL UAMBN 2014/2015

KISI KISI AL QUR'AN HADITS MTs

Indikator SOAL :
  1. Menjelaskan pengertian AL- Qur'an Hadits
  2. Menjelaskan fungsi Al-Qur'an dan Hadits
  3. Menunjukkan prilaku penerapan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup
  4. Menunjukkan Prilaku orang yang mencintai Al-Qur'an
  5. Menjelaskan isi kandungan QS all Fatihah, an nas, al Falaq, al Ikhlas, tentang tauhid rububiyah dan ilahiyah
  6. Penerapan isi kandungan QS al Fatihah,an Naas, al Falaq, dan al Ikhlas dalam kehidupan sehari-hari
  7. Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah
  8. Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ra
  9. Mengidentifikasi hukum bacaan idhar halqi
  10. Mengidentifikasi hukum bacaan nun mati dan mim mati dalam al-qur'an
  11. Mengidentifikasi hukum mad shilah
  12. Menentukan panjang hukum bacaan mad shilah
  13. Mengidentifikasi hukum mad lazim Mukhaffaf kilmi
  14. Menerjemahkan QS al lahab dan an Nasr
  15. Menjelaskan isi kandungan Q.S al Lahab dan an Nasr
  16. Menjelaskan kandungan Q.S al kafirun dan al Bayyinah tentang toleransi
  17. Menjelaskan isi kandungan Q.S al Kautsar dan al Ma'un tentang kepedulian sosial
  18. Menerjemahkan salah satu ayat dari Q.S al kautsar
  19. Menjelaskan keterkaitan isi kandungan Q.S al Kautsar dan al Ma'un  tentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan
  20. Menjelaskan isi kandungan Q.S al Qari'ah dan az Zalzalah
  21. Menerjemahkan Q.S al Qariah
  22. Menjelaskan penerapan Q.S al Qari'ah ,az Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
  23. Menjelaskan isi kandungan Q.S al ashr dan al 'alaq
  24. Menjelaskan penerapan isi kandungan Q.S al - ashr dan al'alaq
  25. Menerjemahkan hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
  26. Menghafal hadits tentang tolong menolong dan mencintai anak yatim
  27. Menerjemahkan makna hadits tentang keseimbangan hidup di dunia dan akherat
  28. Menghafal hadits tentang keseimbangan kehidupan di dunia dan akherat
  29. Menerjemahkan makna hadits tentang menjaga dan melestarikan lingkkungan alam
  30. Menghafal hadits tentang menjaga dan melestrikan lingkungan alam
  31. Menerjemahkan hadits tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu


SKL  UAMBN 2014 /2015

KISI KISI SKI UAMBN MTS

  1.  Menjelaskan Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam.
  2. Menyebutkan manfaat mempelajarai sejarah kebudayaan Islam
  3. Menjelaskan Misi dakwah Nabi Muhammad SAW Periode Mekkah
  4. Menjelaskan keteladanan perjaungan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi Mekkah
  5. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat Madinah
  6. Mengidentifikasi berbagai prestasi yang dicapai khulafaurrasyidin
  7. Menyebutkan gaya kepemimpinan salah satu khulafaurrasyidin
  8. Menyebutkan sejarah berdirinya Dinasti Umayah
  9. Menyebutkan perkembangan kebudayaan  pada masa dinasti Umayah
  10. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan yang muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan pada masa dinasti Umayah
  11. Meyebutkan keteladanan , kesederhanaan dan kesolehan Umar bin Abdul Aziz
  12. Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
  13. Menyebutkan perkembangan kebudayaan islam pada masa Dinasti Abbasiyah
  14. Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan / peradaban Islam pada masa bani Abbasiyah
  15. Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah
  16. Mendiskripsikan perkembangan kebudayaan islam pada masa dinasti Abbasiyah
  17. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalm kemajuan kebudayaan islam pada masa dinasti Ayyubiyah
  18. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan Islam pada masa Dinasti Ayyubiyah
  19. Mneneladani sikap keperwiraan Sholahudin al Ayyubi pada masa Ayyubiyah.
  20. Mengetahui perkembangan Islam di Indonesia
  21. Menceritakan sejarah masuknya islam di Nusantara melalui perdagangan ,sosial dan pengajaran
  22. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan islam di Jawa, Sumatra dan Sulawesi.
  23. Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia
  24. Meneladani semangat dari para tokoh dan perannya dalm perkembangan Islam di Indonesia.
  25. Menceriatakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tadisi  Islam
  26. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara Adat kesukuan Nusantara.
  27. Mengidentifikasi tradisi dan uapacara adat kesukuan Nusantara.


Sumber: POS UAMBN 2015

 

Jumat, 06 Februari 2015

Metode Pertolongan Pertama

Evakuasi Korban adalah suatu tahapan dalam pertolongan pertama yaitu memindahkan korban ke lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.
Prinsip Evakuasi :
  1. Dilakukan mutlak jika perlu
  2. Menggunakan tehnik yang baik dan  benar
  3. Penolong harus  memiliki  fisik yang prima dan terlatih serta memiliki penanganan medis dasar
  4. Semangat dalam menyelamatlan lorban dari mara bahaya yang lebih besar bahkan kematian
Alat pengangkutan :
  1. Manusia sebagai pengangkutnya langsung
bila satu orang langsung penderita dapat
  1. Dipondong : untuk korban ringan atau anak -anak
  2. Digendong untuk korban ringan dan tidak patah tulang
  3. Dipapah : untuk korban yang tidak luka di bahu atas
Bila dua orang 

Jumat, 30 Januari 2015

SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MADINAH

      Kaum kafir tidak senang melihat umat islam berkembang. Merka terus memusuhi umat Islam dengan cara mengancam,menyiksa dan menghina. Melihat keadaan itu, nabi Muhammad saw berpendapat bahwa Mekah tidak dapat lagi diandalkan sebagao pusat dakwah. Selanjutnay Nabi Muhammad saw perlu mencari tempat lain sebagai pusat dakwah.  Tempat yang pernah dipakai Nbi Muhammad saw . untuk mengalihkan dakwahnya adalah Taif. Ketika tu, nabi Muhammad saw berharap akan mendapatkan perlindungan dn bantuan dari sanak saudaranya, akan tetapi harapan itu tidak kenyataan. Nabi Muhammad saw bahkan dihina dan dilempari batu hingga luka. Keadaan ini sempat menyurutkan semangat perjuangan kaum mulimin.
     Pertolongan Allah datang, ketika musim haji , Nabi Muhammad saw bertemu enam orang pemuda datang dari yatrib. Nabi Muhammad saw menceritakan penderitaan dan siksaaan yang dialami kaum muslimin yang dilakukan noleh orang kafir quraisy, Selain itu Nabi Muhammad saw juga menyampaikan dasar-dasar aqidah islam epada mereka. Merek menyambut baik apa yang disampaikan Nabi mUhammad saw, Bahkan mereka siap melindungi Nabi Muhammad saw dan para pengikutnya seandanya pindah ke Yatrib.
  Berit adanya seoran Nabi yang membawa agam Islam segera tersebar di kota Yatrib, setelah kepulangan mereka , sebagian orang yahudi bersuka cita menyambut berita itu. Mereka sedang menanti kedatangan nabi terakhir seperti diberitakan dalam kitab suci mereka. Setiap orang yatrib yang datang ke Mekkah pada musim haji menyatakan keimanan dan keislaman. Pada tahun 2 kenabian (621 M ) nabi muhammad saw mnemui rombongan haji dari Yatrib yang berjumlah 12 orang. Pertemuan ini terjadi di Bukit Aqobah di kota Mekkah. Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan yang disebut dengan perjanjian aqobah yang berisi pernyataan 12 orang tersebut bahwa mereka akan :
  • setia kepada Nabi  Muhammad saw .
  • Rela berkorban harta dan jiwanya
  • Tidak menyekutukan Allah
  • Tidak membunuh dan berdusta
  • Bersedia membantu menyebarkan ajaran Islam
Nabi Muhammad mengutus sahabat bernama Mus'ab bin Umar untuk membantu menyebarkan Islam di Kota Yatrib. Adapun Nabi Muhammad saw sendiri masih tinggal di Mekkah untuk melanjutkan dakwahnya kepada kaum quraisy.
 Tahun 622 M / tahun ke 13 kenabian, seabnyak 73 jamah sal yatsrib datang ke Mekkah untuk melaksanakn badah haji. Mereka membawa berita bahwa orang-orang Yatsrib memohon agar Nabi Muhammad saw bersedia memberi penerangan tentang agama islam. Kemudian mereka menyepakati perjanjian Aqobah kedua untuk menjamin keselamatan dan dakwah selanjutnya. 
Dengan pertimbangan dan disukung berbagai faktor , diantaranya Yatrib adalah tempat yang paling dekat, penduduk yahudi terkenal memiliki kelembutan  budi pekerti dan sifat yang baik, neneknya berasal dari Yatsrib dan ayahnya dimakamkan disana, Nabi memutuskan untuk hijrah ke Yatsrib.




H. darsono . T  Ibrahim Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam 1

Kamis, 29 Januari 2015

Kerajaan Ternate dan Tidore

   Kerjaan Ternate dan Tidore terletak di sebelah barat Pulau Halmahera Maluku Utara . Kedua Kerajaan ini masing-masing berpusat di Pulau Ternate  dan Pulau Tidore . Wilayah kekuasaan kedua kerajaan ini meliputi kepulauan Maluku dan sebagian Papua. Dari wilayah kerajaan ini banyak dihasilkan rempah-rempah, terutama cengkeh dan pala yang banyak dicari para pedagang internasional
Raja-raja yang berkuasa di kerajaan Ternate :
a.  Sultan Hairun
Sultan Hairun
Sultan seornag penentang kehadiran kekuasaan militer Portugis adalah Sultan Hairun. Ia adalah raja kerajaan Ternate yang berkuasa sejak tahun 1569 M. Sultan Hairun tidak ingin perekonomian dan pemerintahan kerajaan dikendaliakn oleh bangsa lain.
Selama 10 tahun berada di Kerajaan Ternate Bangsa Portugis telah berhasil mendirikan benteng yang bernama Sao Paolo . Pendirian Benteng di Kerajaan Ternate dianggap menunjukkan
 
Copyright © 2014 Serba Serbi Shared By by Themes24x7.