BREAKING NEWS

Rabu, 17 Agustus 2011

PENGANTAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

    Kebudayaan Islam adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin ( akal budi ) manusia, seperti kepercayaan, kesenian dan adat istiadat. Dengan demikian Kebudayaan islam adalah kebudayaan masyarakat yang  menganut agama ISlam. Oleh karena itu, sejarah kebudayaann isla, di jazirah arab mulai muncul setelah Nabi Muhammad saw diangkat menjadi Rosul. Sebeleum Islam lahir , masyarakat Arab mempunyai kebudayaan contohnya adalah kebudayaan Nomaden atu hidup berpindah-pindah.
    Kebudayaan Arab baru mendapat pengakuan dan peran yang sangat penting dalam kebudayaab dunia setelah Islam lahir. Dengan demikian,dapat dipaahmi bahwa agama Islam menjadi faktor utama yamg membuat kebudayaan Arab diakui dunia. Dengan agama Islam orang-orang Arab berubah menjadi penakluk di sleuruh Jazirah Arab. Menurut Ibnu Kholdun " Sesungguhnya orang arab tidak pantas memegang kekuasaan, kecuali mereka bercorak agama atau berdasarkan agama "
   Disekitar Jazirah arab sudag terdapat kebudayaan yang jauh lebih maju, seperti Kebudayaan Asyiria, Kanaan,Saba' dan samud sebelum islam lahir. Kebudayaan itu tumbuh dan berkembang sebelum seperti  Kebudayaan Yunani dan Kebudayaan Mesir Kuno. Kebudayaan Islam lahir tanpa pengaruh kebudayaan yang ada sebelumnya.
Penaklukan kaum muslimin terhadap wilayah mempengaruhi kebudayaan islam, pengaruhnay :
  1. Kebahasaan
  2. Perpindahan agama
  3. Munculnya Kelompok non arab
  4. Perpecahan kesatuan  Islam



H.  Darsono. T. Ibrahim  " Tonggak Kebudayaan Islam 1 "

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Serba Serbi Shared By by Themes24x7.