Rabu, 11 April 2012

Madinah Sebelum Kedatangan Islam

     Sebelum kedatangan Islam,  masyarakat Yatsrib menganut agama Yahudi dan Nasrani. selain itu, sebagian masyarakat Yatsrib menganut agama Pagan yaitu kepercayaan kepada benda dan kekuatan alam seperti matahari,bintang dan bulan. Penganut agama ini mempunyai kepercayaan bahwa mereka adalah manusia pilihan dan agama yang dianutnya adalah agama yang paling benar.
     Letak Kota Yatsrib sangat strategis, yaitu dalam jalur perdagangan yang menghubungkan Yaman di selatan dan Syiria di utara.Tempat ini merupakan daerah yang subur dan menjadi pusat pertanian di daerah Arab.Ada juga kelompok masyarakat yang berdagang dan berternak.
Masyarakat Yatsrib terdiri dari dua kelompok besar yaitu : kelompok Yahudi dan kelompok Arab. Kelompok masyarakat Yahudi terdiri dari tiga suku : Bani Qainuqa,Bani Quraizah,Bani Nadir. Masyarakat Arab Terdiri dari dua suku : Yaitu suku Aus dan suku Khazraj.
    Nabi Muhammad saw dan para pengikutnya tiba di Yatsrib pada tahun 622 M. Masyarakat Yatsrib menyambut gembira kedatangan Nabi Muhammad saw. Setelah itu , kota yatsrib berganti nama menjadi Madinah al Munawwarah yang berarti kota yang penuh cahaya terang atau Madinah an Nabi yang berarti kota Nabi. Karena disambut dengan baik , Nabi Muhammad saw memberikan gelar kepada masyarakat Islam Madinah dengan sebutan kaum Anshar ( kaum penolong ). Adapun umat Islam yang datang dari Mekkah diberi nama kaum Muhajirin , yaitu kaum pendatang.
       Sesampai di Madinah langkah yang dilakukan Nabi adalah membangun Masjid yang pertama kali dengan nama Masjid Nabawi.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. SKI - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz