BREAKING NEWS

Rabu, 11 April 2012

Membangun Masyarakat melalui kegiatan Ekonomi dan Perdagangan

    Berdirinya Masjid Nabawi merupakan tonggak berdirinya masyarakat Islam. Umat Islam tidak merasa takut untuk melaksanakan Sholat dan kegiatan-kegiatann keagamaan lainya. Ma sjid Nabawi menjadi ramai karena terus didatangi oleh para jama'ah yang akan melaksanakan sholat berjamaah bersama  Nabi Muhammad saw. Selanjutnya , dimulailah pembangunan jalan - jalan raya di sekitar masjid. Lama kelamaan ,tempat itu menjadi pusat kota dan pemukiman.
    Pesatnya pembangunan di Kota Madinah menyebabkan adanya migrasi dari tempat lain. Masyarakat yang berada disekitar Madinah berdatangan dengan tujuan berdagang atau tujuan lainnya. Keadaan yang demikian menyebabkan Madinah menjadi kota terbesar di Jazirah Arab.
    Masyarakat muslim menjadi besar dan berkuasa, hal ini menimbulkan kecemburuan pada kelompok masyarakat Yahudi dan Nasrani. Agar permasalahan yyang muncul tidak makin runyam, Nabi Muhammad saw membuat peraturan untuk menata masyarakat khususnya masyarakat Islam. Nabi Muhammad mempersaudarakan kaum Anshor dan kaum Muhajirin .
Adapun kalangan bukan Islam dikat dengan peraturaan yang dibuat oleh Nabi Muhammad saw yang tertuang didalam Piagam Madinah.
Piagam Madinah ditulis pada tahun 623 M atau tahun ke 2 H. 
Isi Piagam Madinah :
  1. Masyarakat Muslim dan Yahudi akan hidup berdampingan dan menjalankan agama masing-masing
  2. Apabila salah satunya diperangi musuh , yang lain wajib membantu
  3. Apabila terjadi perselisihan diantara keduanya,penyelesaian diserahkan kepada Nabi Muhammad, selaku pemimpin tertinggi di Madinah.
Akan tetapi , Piagam Madinah ini hanya berlaku beberapa saat saja. Orang -orang Yahudi tidak melaksanakan peraturan yang telah disepakati. Bahkan melanggar dengan terang- terangan.


Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Serba Serbi Shared By by Themes24x7.