Misi Dakwah Nabi Muhammad saw

Posted by Serba Serbi on Selasa, 10 April 2012 | Selasa, April 10, 2012

1.    Keadaan Masyarakat Mekah Sebelum Islam 
        Islam lahir di Jazirah Arab. Saat itu Jazirah Arab diapit oleh dua kekaisaran, yaitu Kekaisaran Persia dan Kekaisaran Bizantium. Kekaisarann Persia agama resminya Majusi, pemeluknya menyembah api  , Zend avesta  kitab sucinya.
Kekaisaran Bizantium menetapkan agama nasrani sebagai agama resmi dg kitab sucinya Injil.
Sementara masyarakat Jazirah Arab ada yang beragama Majusi dan Nasrani. Sebagaian menganut agama nenek moyang mereka , yaitu menyembah berhala. Penganut Yahudi tinggal di Kota Mandinah. Mereka adalah Suku Bani Quraizah, Bani Gatafan, Bani Nadhir, Bani Qainuqa,Bani Aus, Bani Khajraj.  Penyembah berhala banyak yang tinggal di kota Mekkah mereka menyembah batu dan pepohonan. mereka tidak mempercayai adanya hari kiamat dan kehidupan akherat. Dahulunya masyarakat Mekah beragama tauhid, yaitu agama yang dibawa Nabi Ibrahim as .
Kondisi masyarakat Jazirah Arab sebelum Islam lahir dinamakan Jaman Jahiliah atau zaman kebodohan. Kebodohan bukan dalam hal pengetahuan, tetapi tetang keyakinan dan akhlak.

2.    Dakwah pada  Masa Awal
       Pada usia 40 tahun Nabi Muhammad saw sering bertahanus di gua Hira' yang terletak 6 km sebelah timur Kota Mekkah. Tanggal 17 romadlon 611 M ,Malaikat Jibril menyampaikan wahyu pertama surah Al 'Alaq ayat 1-5.
Turunya wahyu pertama itu menandakan bahwa nabi Muhammad telah menjadi utusan Allah. Pada mulanya Nabi berdakwah dengan Sembunyi-sembunyi terbatas pada orang-orang terdekat.yang pertama menerima dakwah adalah : Khadijah ( istri Nabi ). Ali Bin Abi Thalib (anak pamannya ), Abu Bakar ( sahabatnya), Zaid bin Haritsa ( pembantunya ). selanjutnya beberapa orang yang mengikuti dakwah Nabi : Usman bin Affan , Abdurrahman bin Auf,Zubair buin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqas, Thalhah bin Ubaidillah,Abi Ubaidah bin Jarrah dan Arqam bin Abil Arqam.  Dakwah nabi Muhammad dipusatkan dirumah  Arqam bin Abil Arqam.  Orang yang masuk Islam awal dinamakan  Assabiquunal Awwaluun.
 Dakwah dengan sembunyi-sembunyi mulai ditinggalkan setelah beliau menerima wahyu surah Al Hijr ayat 94.
Ayat tersebut menekannkan  bahwa dakwah Nabi Muhammad bertujuan menghindari dari kemusrikan dan mengajak kepada ketauhidan. Dakwah secara terbuka pertama kali dilaksanakan di bukit Shafa.  Dakwah terbuka di bukit shofa bubar setelah Abu Lahab melempari batu pada Nabi Muhammad.  Umar bin Khattab masuk islam dakwah secara terbuka makin menguat. 
3.   Bentuk dan Hambatan Dakwah
      Nabi Muhammad saw berasal dari Bani Hasyim . Pada saat itu Bani Hasyim  sangat dihormati. kakek Nabi Muhammad bernama Abdul Mutthalib adalah penjaga Ka'bah semasa hidupnya. Abu Thalib adalah pengatur  pembagian air Zamzam. Jabatan tersebut sangat terhormat.
Banyak tokoh kafir Quraisy yang membujuk Abu Thalib agar melepaskan perlindungan terhadap Nabi Muhammad saw. Diantara tokoh terebut adalah Abu Lahab, Abu Sufyan dan Utbah bin Rabi'ah. Mereka sangat bersemangat dalam menghambat dakwah Nabi Muhammad saw.
Desakan untuk menghentikan dakwah datang bertubi-tubi sempat membuat Abu Talib goyah. Banyak para pengikut Nabi Muhammad saw mengalami siksaan dari kafir Quraisy diantaranya Bilal bin Rabbah, keluarga Amr bin Yasir,Zubaer bin Awwam dan Abu Bakar. Menghadapi hambatan tersebut Nabi Muhammad saw memerintahkan beberapa sahabat  untuk hijrah  ke Ethiopia atau Habasyah.
Usaha untuk menghentikan Dakwah Nabi Muhammad dilakukan dengan pemboikotan selama 3 tahun . bentuk pemboikotan antara lain :
a.   Tidak mau berbicara dengan orang Islam.
b.   Tidak mau jual beli dengan orang Islam.
c.   Tidak mau menikah dengan orang Islam.
Pemboikotan itu berhenti setelah papan pengumuman pemboikotan yang dipasng didinding Ka'bah hancur dimakan rayap.

4.   Misi Dakwah Nabi Muhammad saw.
      Pemicu kebencian orang-orang kafir terhadap dakwah Nabi Muhammad adalah pada misi dakwahnya. Dakwah Islam saat itu berisi seruan kembali kepada ajaran Tauhid ,beribadah hanya pada Allah swt, dan beriman  kepada hari Akhir. hal itu berarti menghapus adanya kesenjangan sosial dan kesombongan antar suku.



       

Blog, Updated at: Selasa, April 10, 2012

6 komentar:

  1. Makasih ,,, Artikel ini ngebantu banget untuk ngerjain PR ^_^ skali lagi makasih banyak ^_^ =D

    BalasHapus
  2. that's good. thanks.

    BalasHapus
  3. Good job my student. Proud of you

    BalasHapus
  4. makasih kakk umayan bahan buat ujian sekolah PAI

    BalasHapus
  5. thanks,, sangat membantu

    BalasHapus
  6. Aslamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang data dan anak anaknya, ditengah tagihan utang yg menumpuk dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan AKI ZYEH MAULANA hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau Lihat Di internet KLIK DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA 

    BalasHapus